Senin, 23 Januari 2012

Pantai Tanjung Berikat




Pantai Tanjung Berikat berjarak lebih kurang 60,6 km dari kota Koba ke arah timur, tepatnya berada di paling ujung timur Pulang Bangka. Pantai ini sangat cantik saat matahari akan terbenam di sebelah barat. Di bagian paling menjorok kelaut, terdapat sebuah mercusuar. Walaupun tanjung berikan cukup jauh dari kota bahkan dari keramaian masyarakat, akses kekawasan ini mudah karena sudah terbentang jalan raya beraspal. Tidak jauh dari Tanjung Berikat, agak ke darat, di desa berikat, terdapat tugu ABRI Masuk Desa (AMD).

Saat ini Pantai Tanjung Berikat telah dimasukkan sebagai daerah tujuan wisata Kabupaten Bangka Tengah dan acara adat taber laut juga diagendakan dalam agenda wisata untuk mendukung program “VISIT BABEL ARCHY 2010“.
Rencana pembangunan pelabuhan Tanjung Berikat Kabupaten Bangka Tengah oleh pemerintah provinsi bakal terwujud. Pelabuhan ini dirancang bertaraf internasional dan diusulkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Bila tidak ada halangan pembangunan fisik pelabuhan Tanjung Berikat akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Hasil studi kelayakan Direktorat Jendral Kelautan Jakarta lokasinya sudah baik, bisa dibangun pelabuhan yang lebih representatif, hanya saja terkendala lahan pelabuhan. Selain langsung berhubungan dengan laut lepas, jarak dengan Jakarta dan China Selatan tidak jauh kalau dilihat dari letak dan posisinya.
Di pelabuhan ini nantinya, bisa bersandar kapal-kapal besar dengan kedalaman paling rendah sembilan meter. Berbeda dengan pelabuhan Pangkalbalam dengan kedalaman sekitar empat meter.
Semoga saja ide untuk menjadikan pantai tanjung berikat sebagai pelabuhan bertaraf internasional dapat segera terwujud karena dengan berdirinya pelabuhan tersebut akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved Revolution Two Church theme by Brian Gardner Converted into Blogger Template by Bloganol dot com